Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Ekonomi Pembangunan: Konsep, Pengertian dan Rung Lingkup

Materi Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan - Roliyan.com

A. Ekonomi Pembangunan

# Pengertian

Ekonomi pembangunan dapat diartikan sebagai kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya. Adapun pengertian lain (development economics), merupakan cabang ilmu ekonomi yang khusus mempelajari masalah-masalah pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang dan kebijakan-kebijakan yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi..

Pengertian ekonomi pembangunan menurut para ahli:
  1. Menurut Sadono Sukirno, ekonomi pembangunan merupakan proses usaha meningkatkan pemasukan atau pendapatan perkapita suatu negara dengan cara mengolah potensi ekonomi menjadi bentuk rill.
  2. Menurut Profesor Simon Kuznets, ekonomi pembangunan adalah meningkatnya kemampuan suatu negara untuk menyediakan beragam barang yang dibutuhkan penduduknya dalam jangka panjang.
  3. Menurut Schumpeter, ekonomi pembangunan adalah perubahan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional yang terjadi secara spontan dan tidak terputus.

# Ruang Lingkup Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan memiliki cakupan yang lebih luas. Tidak hanya mengupas dunia ekonomi saja, tetpai juga politik, pertumbuhan material, yang lekat dengan ekonomi tradisional. Jadi ekonomi tradisional ilmu ekonomi yang fokus mengembangkan sumber produktif langka lebih murah, efisien dan sifatnya dapat dikembangkan secara terus menerus.

Ilmu ekonomi tradisional ada pula yang menyebutnya dengan aliran ekonomi klasik dan neoklasik, dimana dulu di Amerika dan Inggris sering diajarkan ilmu ekonomi tradisional ini.

Ulasan lebih luas dari ekonomi tradisional adalah ekonomi politik. Ekonomi politik cakupan yang diurusi adalah ekonomi dibidang politik dan untuk sumber-sumber produktif langka. Pada prinsipnya, hubungan politik dan ekonomi ini menekankan pada kekuasaan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

Ruang lingkup ekonomi pembangunan juga meliputi ilmu ekonomi pembangunan. ilmu ekonomi pembangunan tidak hanya mengurus mekanisme perekonomian, tetapi juga mengurus tentang institusional dan sosial. Cakupan luasnya pun mulai dari swasta hingga pemerintah. Inti kinerjanya adalah menciptakan perbaikan yang cepat, luas dalam kehidupan masyarakat miskin, kurang pendidikan dll.

# Tujuan ekonomi Pembangunan 

Tujuan dari ekonomi pembangunan adalah untuk menelaah faktor – faktor yang menimbulkan ketiadaan pembangunan, atau pembangunan yang lambat di negara – negara berkembang dan selanjutnya mengemukakan cara pendekatan yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah – masalah yang dihadapi sehingga dapat memperlaju jalannya pembangunan ekonomi di negara – negara tersebut.


# Perkembangan ilmu ekonomi pembangunan

  • Dengan bertambah besarnya perhatian yang diberikan dalam membangun negara-negara berkembang maka makin meluas pula kesadaran bahwa tugas membangun negar-negara itu bukanlah tugas yang sederhana dan mudah. Masalah pembangunan ekonomi negara-negara berkembang merupakan suatu persoalan yang sangat kompleks dan sangat berlainan sifatnya dengan masalah pembangunan yang pernah di hadapi oleh negara-negara maju. Sifat permasalahannya yang sangat berbeda itu menyebabkan satu pendekatan baru untuk memecahkannya perlu diciptakan
  • Pada permulaannya, banyak diantara pemimpin-pemimpin negara-negara yang baru tumbuh beranggapan bahwa keterbelakangan mereka adalah disebabkan oleh penjajahan tetapi sejarah membuktikan bahwa hal tersebut tidak benar sama sekali. Bahwa pembangunan ekonomi akan berjalan dengan lebih cepat dan lancar. 
  • Orang-orang yang berpendapat bahwa masalah pembangunan di negara-negara berkembang merupakan persoalan yang pada hakekatnya sederhana pada akhirnya harus mengakui kesalahan pendapat mereka. Untuk mencapainya, seluruh sumber-sumber daya perlunya di gunakan untuk mengembangkan sector industri sebenarnya, pandangan yang menyatakan bahwa pembagunan ekonomi hanya dilaksanakan apabila kegiatan industry dikembagkan secara tepat.

B. Pembangunan Ekonomi

# Pengertian

Pembangunan Ekonomi dapat diartikan sebagai suatu usaha dalam perekonomian guna mengembangkan kegiatan ekonomi sehingga infrastrukturnya lebih baik, perusahaan semakin meningkat ( banyak ), dan semakin berkembang, taraf pendidikan semakin maju dan tinggi serta teknologi semakin meningkat.

Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari pertumbuhan ekonomi (economic growth); pembangunan ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi, dan sebaliknya, pertumbuhan ekonomi memperlancar proses pembangunan ekonomi.

# Faktor- faktor yang mempengaruhi pembanguanan ekonomi

  1. Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan faktor kunci dalam prosesnya pembanguanan, baik tidaknya perencanaan dan pengorganisasian, proses pengorganisasian tergantung kepada kualitas manusia sebagai objek dan subjeknya.
  2. Sumber Daya Alam (SDA) yang meliputi tanah dan kekayaan alam seperti kesuburan tanah, keadaan iklim/cuaca, hasil hutan, tambang, dan hasil laut, sangat mempengaruhi pembanguanan suatu negara, terutama dalam hal penyediaan bahan baku produksi. 
  3. Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK), merupakaan alat bagi sumber manusia untuk mengolah sumber daya alam secara produktif. 
  4. Sosial budaya Nilai – nilai sosial budaya sangat berpengaruh terhadap proses pembanguanan. nilai – niai tersebut dapat menjadi faktor pendorong dan dapat pula menjadi faktor penghambat.
  5. Keadaan Politik Sistem, keadaan politik suatu negara berpengaruh terhadap keberlangsungan proses pembanguanan. 
  6. Sistem Pemerintah Pemerintahan dengan sistem sosialis dan liberalis kedua-duanya akan memberikan warna yang berbeda terhadap proses pembanguanan.

# Manfaat Pembangunan Ekonomi

  1. Mengurangi pengangguran di suatu negara, dengan adanya pembangunan ekonomi akan mendorong terciptanya lapangan kerja. Sehingga dapat menarik tenaga kerja yang ada.
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan luasnya lapangan kerja yang tersedia, peluang masyarakat memperoleh pekerjaan akan semakin besar dan akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan. 
  3. Perbaikan di bidang pendidikan, dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat tentu akan banyak orang tua yang mampu membiayai pendidikan anaknya hingga ke jenjang yang lebih tinggi lagi. 
  4. Kemajuan di bidang teknologi, seiring berjalan waktu pertumbuhan ekonomi akan membutuhkan teknologi yang lebih maju untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi. 
  5. Meningkatkan keahlian dalam bidang tertentu, dengan ditariknya tenaga-tenaga ahli dari luar yang menguasai suatu keahlian tertentu, masyarakat yang belum menguasainya dapat belajar langsung dari ahlinya.

Lihat Materi Lainnya : " Materi Ekonomi Pembangunan Lengkap "

Sekian artikel kali ini mengenai "Pengantar Ekonomi: Koperasi dan Kewirausahaan" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts