Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Inilah Fakta Menarik Tentang Sianida

Fakta Menarik Tentang Sianida - Pernahkah Anda mendengar dan setidaknya mengetahui tentang zat satu ini? Akhir akhir ini jika Anda memperhatikan berita di televisi atau media lainnya, kini sedang hebohnya kasus pembunuhan seorang wanita dengan perantara racun Sianida. Kasus ini heboh karena korban langsung meninggal padahal hanya mencicip saja kopi yang sudah dibubuhi racun Sianida ini. Banyak orang belum mengenal zat satu ini dan apa saja efeknya bagi tubuh manusia.

Sianida sebenarnya diproduksi oleh tubuh kita dalam jumlah sangat sedikit dan bahkan dikeluarkan saat kita bernapas. Sianida juga dapat kita temukan dalam jumlah sedikit di lebih dari seribu spesies tanaman contohnya ubi ubian singkong, bambu, dan sebagainya.

Sianida dalam konsentrasi atau jumlah tertentu dapat menjadi racun yang mematikan baik bagi manusia ataupun hewan. Zat racun ini dapat masuk ke tubuh manusia dalam bentuk cair atau gas. Dan ketika sudah masuk akan mengakibatkan berbagai efek berbahaya bagi tubuh manusia.

Fakta Tentang Sianida

Gejala keracunan sianida | Roliyan.com

Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai zat satu ini agar kita lebih mengenalnya dan menambah wawasan kita tentunya.

Aroma Sianida Seperti Almond Pahit.

Sianida adalah racun efektif. Efektif karena dia bisa disalurkan dalam 3 bentuk. Berupa padatan seperti kristal atau bubuk, cair dan bahkan gas tidak berwarna. Nah berbicara mengenai bau atau aroma dari Sianida ini digambarkan seperti Almond Pahit, namun tidak semua orang mampu mendeteksi bau dari Sianida ini.

Sianida Dapat Kita temukan Sehari hari.

Sianida dapat ditemukan dalam beberapa makanan dan tanaman seperti salah satunya yang sudah disebutkan di atas yaitu singkong. Sianida juga terdapat pada asap rokok dan asap pembakaran produk produk sintetis pabrik seperti plastik. Sianida juga merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan kertas, plastik dan sebagainya. Garam Sianida digunakan untuk pembersihan logam dan gas sianida sering digunakan untuk pembersihan hama dan kutu.

Cara racun sianida masuk ke tubuh Anda

Sianida dapat masuk ke tubuh Anda dengan berbagai macam cara. Jika berbentuk gas maka sianida bisa terhirup oleh Anda. Jika dalam bentuk padatan dan cair maka sianida ini bisa tertelan atau masuk ke tubuh Anda melalui pori pori kulit Anda. Maka dari itu sianida ini sangat efektif dan berbahaya sekali.

Mekanisme keracunan.

Sianida sangat beracun. Dalam bentuk gas sianida ini akan sangat berbahaya sekali bila tersebar di ruangan tertutup. Apabila di ruangan terbuka sianida ini akan melebur bersama zat zat lain sehingga efeknya bisa berkurang drastis.

Sianida bila sampai masuk ke dalam tubuh akan mencegah penyebaran oksigen ke sel sel tubuh. Bila kekurangan oksigen bisa kita tebak maka sel sel tersebut akan mati. Nah bila sianida sampai ke organ organ tubuh yang penting maka akan sangat fatal akibatnya sampai menyebabkan kematian.

Gejala Keracunan Sianida

Jika seseorang mengalami keracunan Sianida maka akan menimbulkan tanda tanda seperti berikut.
  • Pernapasan menjadi cepat
  • Gelisah berlebihan 
  • Mual Pusing muntah
  • Sakit kepala dan jantung berdenyut cepat sekali
  • Kejang kejang
  • Kehilangan kesadaran
  • Sesak napas
  • Meninggal dunia
Sianida dalam jumlah tertentu dapat menjadi racun bagi makhluk hidup. Zat ini secara alami dapat ditemukan dimana saja bahkan di dalam tubuh kita namun hal ini dalam keadaan normal tentunya dengan jumlah atau konsentrasi dalam batas normal.

Sekian artikel kali ini mengenai "Inilah Fakta Menarik Tentang Sianida" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts