Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Radang Prostat : Ciri-Ciri, Gejala dan Cara Mengatasi

Ciri-Ciri Penyakit Radang Prostat - Radang prostat atau dalam bahasa medisnya prostatitis adalah suatu kondisi medis yang dimana terjadinya inflamasi, pembengkakan pada kelenjar prostat.

Radang Prostat : Ciri-Ciri, Gejala dan Cara Mengatasi

Kelenjar prostat merupakan sebuah kelenjar kecil yang hanya dimiliki kaum proa yang terletak diantara penis, kandung kemih dan mengelilingi uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis). Fungsi dari kelenjar prostat ini yaitu menghasilkan suatu cairan yang membentuk 30% volume air mani. Cairan ini mengandung asam sitrat, kalsium dan enzim yang kemungkinan besar berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berenang dan kesuburan sperma. 

Pada banyak kasus, belum diketahui secara pasti namun penyebab terjadinya peradangan pada kelenjar prostat. Secara umum, peradangan pada kelenjar prostat terjadi karena adanya infeksi bakteri sehingga membuat prostat membengkak dan mengalami peradangan. Bakteri yang menjadi penyebabnya antara lain streptokokkus, stafilokokkus, bakteri klebsiella, bakteri escherichia coli, serta enterobakteri peseudomonas.

Infeksi yang terjadi kemudian akan menyebar pada kantong zakar atau dikenal dengan skrotum. Jika sudah begitu, maka kantong zakar akan mulai mengalami pembengkakan, terasa nyeri yang hebat dan disertai timbulnya ruam kemerahan yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit impotensi.

Penyebab lain dari radang prostat, diantaranya:

  • Stimulasi terhadap urin
  • Terjadi gangguan pada sistem saraf
  • Prostat mengalami kemacetan dalam melakukan reproduksi
  • Stimulasi terhadap urin
  • Rendahnya sistem kekebalan tubuh
  • Daerah prostat dan sekitarnya mengalami cidera

Gejala Radang Prostat

  • Sulit buang air kecil, misalnya urine keluar sedikit demi sedikit
  • Nyeri pada panggul, sekitar kelamin, punggung bagian bawah, serta bokong
  • Rasa sakit saat ejakulasi
  • Sensasi panas seperti terbakar (perih) atau rasa sakit yang muncul saat buang air kecil
  • Demam atau menggigil

Cara Mengatasi Radang Prostat

Untuk mengatasi radang prostat Anda harus memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang banyak, makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dan memiliki omega-3, menjalani pola hidup yang sehat seperti tidak merokok dan beralkohol, serta melakukan olahraga yang rutin.

Sekian artikel kali ini mengenai "Radang Prostat : Ciri-Ciri, Gejala dan Cara Mengatasi" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts