Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Inilah Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Penderita Kista Ginjal

Inilah Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Penderita Kista Ginjal

Penjelasan tentang kista ginjal

Kista ginjal merupakan kantungan berisi cairan yang terbentuk di sekitar ginjal. Biasanya tidak menimbulkan efek apa-apa, tetapi terkadang juga berkaitan dengan masalah kesehatan yang mempengaruhi fungsi ginjal.

Penyebabnya sampai saat ini belum di ketahui secara pasti. Faktor resikonya hanyalah usia yang menua. Kista ini jika dibiarkan bisa saja menjadi sarang untuk infeksi, atau bisa saja pecah dan menyebabkan nyeri pinggang. Seseorang bisa memiliki lebih dari satu kista ginjal, jadi jangan berfikir kista hanya mungkin terjadi di rahim saja tapi juga bisa terjadi di organ tubuh lainnya.Kista ginjal dapat disebabkan oleh cacat bawaan sejak lahir ataupun kelainan yang didapat. Kista ginjal umumnya terjadi pada mereka yang sudah berumur, meskipun sebenarnya dapat menyerang siapa saja. Kista ginjal dapat menimbulkan masalah lain seperti: Infeksi pada kista sehingga menyebabkan demam dan nyeri. Kista pecah sehingga menyebabkan nyeri yang sangat di punggung atau tubuh bagian samping.

Gejala kista ginjal


  • Rasa sakit atau nyeri yang muncul pada punggung, bagian samping (antara tulang rusuk dan pinggul), atau perut bagian atas jika kista mengalami pembengkakan dan menekan organ lainya.
  • Sering buang air kecil
  • Darah dalam urine atau urine berwarna gelap
  • Sakit pada salah satau atau kedua ginjal karena terjadinya pembengkakan
  • Fungsi ginjal yang menurun, meski ini jarang sekali terjadi
  • Infeksi ginjal yang muncul kembali
  • Muncul rasa sakit dan/atau pembengkakan pada bagian perut

Penyebab kista ginjal

Penyebab kista ginjal sederhana masih belum dipahami sepenuhnya. Ketika dinding lapisan ginjal mulai melemah dan terbentuk kantong, kantong tersebut akan terisi cairan hingga terlepas dan menjadi kista. Ini merupakan salah satu teori yang diduga menjelaskan munculnya kista ginjal.

Penyakit ginjal polikistik sendiri adalah penyakit keturunan. Penyebabnya terdapat satu atau beberapa gen yang cacat di dalam tubuh, sehingga memunculkan kista di dalam ginjal.

Terdapat faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kista ginjal. Faktor usia dan jenis kelamin termasuk diantaranya. Orang yang berusia di atas 50 tahun mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk mengalami kista ginjal sederhana.

Jika anda sudah merasakan gejala-gejala seperti diatas, maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter jangan dibiarkan begitu saja. 

1. Diet protein  

Jika Anda mengembangkan kista ginjal, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk makan lebih sedikit protein. Bila ginjal terluka oleh kista membesar, mereka tidak dapat melepaskan protein produk dari tubuh, menyebabkan akumulasi racun. Memiliki diet protein kurang membantu memperlambat penurunan fungsi ginjal dan mencegah zat-zat beracun dalam tubuh Anda. Makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, ayam, susu, kalkun dan keju dan krim. 

2. Kafein mengandung makanan dan minuman 

Dikatakan oleh "Journal of American Society of Nephrology" bahwa kafein adalah faktor risiko untuk kista membesar. Selain itu, teh, cola, dan makanan yang mengandung kafein dan minuman lainnya juga dihindari jika Anda memiliki kista ginjal.

3. Hindari makanan tinggi garam 

Salah satu fungsi ginjal membantu menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh. Ketika kista ginjal mengganggu fungsi ini, cairan akan terakumulasi di dalam tubuh, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan pembengkakan. Sodium membantu menjaga keseimbangan cairan dengan mempertahankan cairan. Jika Anda makan makanan natrium tinggi ketika ginjal Anda tidak bekerja dengan benar, tubuh Anda akan menahan cairan lebih, memburuknya tekanan darah tinggi dan pembengkakan. Anda harus menghindari makanan tinggi natrium seperti makanan olahan, makanan kaleng, garam meja, makanan laut dan makanan cepat saji, dll
  
Sekian artikel kali ini mengenai "Inilah Makanan Yang Harus Di Hindari Untuk Penderita Kista Ginjal" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts