Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Diabtes : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Diabtes : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Diabetes merupakan kondisi metabolisme tubuh yang abnormal sehingga kadar glukosa dalam darah dan urin meningkat yang diakibatkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan hormon insulin. 

Penyebab Diabetes

1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan akan membuat kelebihan lemak mempengaruhi insulin bekerja secara tidak normal yang memicu terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah. Anak-anak memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas, oleh karena itu anak-anak juga rentan terserang diabetes.

2. Menkonsumsi makanan yang tidak sehat

Faktor lain yang memicu terjadinya diabetes yaitu mengkonsumsi makanan yang dapat merusak kesehatan. Makanan yang kita konsumsi hendaknya makanan yang mengandung serat yang cukup dan tidak mengandung lemak atau karbohidrat yang berlebihan. Hindari makanan cepat saji yang mengandung lemak dan koresterol tinggi.

3. Tingkat koresterol yang tinggi

Apabila anda termasuk orang yang memiliki tingkat koresterol yang tinggi, maka anda termasuk orang yang memiliki kecendrungan mengidap diabetes. Kolesterol tinggi dapat mengakibatkan obesitas, kolesterol tinggi dapat terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi dan jarang berolahraga.

4. Kebiasaan Kurang gerak

Jika anda termasuk orang yang setiap hari melakukan kegiatan yang tidak menuntut anda untuk bergerak, seperti bekerja duduk di depan komputer ber jam-jam, maka anda beresiko untuk terserang obesitas. Terlebih lagi jika anda memiliki kebiasaan ngemil pada saat bekerja dan malas berolah raga.

Gejala Diabetes:

  • Penurunan berat badan
  • Warna kulit mengalami perubahan
  • Sering buang air kecil
  • Cepat lapar, haus dan lelah
  • Penglihatan menurun, terganggu dan kabur
  • Mudah terjadi luka dan susah kering atau sembuh
  • Terjadi infeksi jamur utamanya di mulut

Tips Cara Mencegah Penyakit Diabetes

  • Dengan mengurangi porsi makan bisa menjadi cara untuk mencegah diabetes
  • Berolahraga, berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan agar lebih sehat, dan bisa menurunkan kadar gula dan meningkatkan sensivitas terhadap insulin
  • Hindari minuman yang manis soda, teh, dan kopi harus diatur, minuman yang pemanis buatan itu yang meningkatkan resiko diabetes
  • Perbanyak makan sayuran, karena dengan memperbanyak makan sayuran itu bagus itu bisa mencegah penyakit diabetes
  • Hindari stres, karena dengan stres yang berlebihan akan meningkatkan kadar gula anda. Mulai sekarang kurangilah stress dan lakukan dengan senam yoga atau pelatihan pernafasan.
  
Sekian artikel kali ini mengenai "Diabtes : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts