Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Tradisional

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Tradisional

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Tradisional - Sakit mata merupakan gangguan pada mata yang membuat mata menjadi terasa sakit. Secara umum mungkin keluhan pada sakit mata ialah mata yang terasa panas, nyeri, pedih atau yang paling parah ialah bisa membuat pandangan menjadi kurang jelas. Sakit mata bisa disebabkan oleh alergi, infeksi atau kekurangan cairan, sehingga mata akan terasa kering dan merasa pedih. Walaupun bukan tergolong ke dalam jenis penyakit yang mematikan, namun tetap saja, sakit mata ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunya rasa percaya diri karena saat kita mengalaminya, biasanya mta akan memerah, bengkak, dan belekan. 

Penyebab Sakit Mata

Berikut beberapa penyebab sakit mata

  • Infeksi virus

Salah satu penyebab terjadinya sakit mata adalah melalui infeksi virus, biasanya gejala yang terjadi adalah mata sering berair, terasa gatal, memerah, sedikit bengkak dan ada yang terasa mengganjal di bagian mata.

  • Akibat alergi

Jenis sakit mata yang disebabkan alergi pada mata juga bisa menyebabkan sakit mata seperti mata menjadi merah dan terasa perih.

  • Infeksi bakteri

Selain melalui infeksi virus, sakit mata juga dapat terjadi melalui infeksi bakteri. Penyakit mata yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyebabkan sakit mata adalah bakteri staphylococcus dan bakteri pneumoccocus. Untuk gejala yang terjadi hampir mirip dengan gejala dari infeksi virus, dan juga mata akan terasa pedih dan akan keluar kotoran mata atau belek yang berwarna kuning pekat layaknya nanah. Biasanya disaat bangun tidur di pagi hari mata akan sulit untuk dibuka karena kotoran tersebut menempel di alis mata hingga cukup sulit untuk membuka mata.

  • Debu

Debu juga dapat menyebabkan mata merah. Namun mata merah karena debu biasanya tidak belekan (banyak kotoran mata), jarang membengkak, merahnya semakin lama semakin pudar dan bisa mereda sendiri.

Cara Mengobati Sakit Mata Secara Tradisional

1. Cara Mengobati Sakit Mata Dengan Daun Sirih

Daun sirih sudah sangat terkenal dapat mengobati sakit mata dengat cepat. Caranya pun cukup mudah, silahkan siapkan 5 lembar daun sirih, kemudian rebus 5 lembar daun sirih tersebut dengan air secukupnya, setelah itu saring dan dinginkan air rebusannya. Gunakan untuk membasuh mata anda. Untuk pemakaian pertama mungkin sedikit perih tetapi tetapi ini aman.

2. Mengompres dengan air hangat

cara mengobati sakit mata menggunakan air hangat. Ingat air hangat ya, bukan air panas. Caranya yaitu dengan mencelupkan kain bersih ke dalam air hangat. Peras lalu tempelkan pada mata selama 15 menit, dengan cara ini otot mata yang meradang akan menjadi tenang.

3. Irisan mentimun

Mentimun juga dapat mengobati sakit mata dan merah pada mata, karena sifat anti bakteri yang terdapat pada timun membuatnya sangat ampuh untuk mengatasi sakit mata seperti gatal dan merah pada mata, selain itu sensai kesegaran pada timun juga dapat meringankan kantung mata. Untuk cara menggunakannya cukup mudah, iris timun secara tipis dan tempelkan ke mata selama beberapa saat.

4. Madu

Selain khasiatnya dalam menambah daya tahan tubuh, madu juga efektif untuk mengobati sakit mata, terutama mata belekan. Cara menggunakannya bisa dengan pertama kali mencuci mata dengan kapas yang sudah dibasahi oleh air hangat, lalu oleskan madu pada bagian mata yang terkena belekan. Gunakan selama tiga kali sehari secara rutin sehingga mata menjadi pulih kembali.

5. Bunga mawar

Cara mengobati sakit mata lainnya adalah dengan bunga mawar, bunga yang cantik dan memiliki bau yang khas tentu kesukaan para wanita. Untuk menggunakannya yaitu dengan memasukkan bunga mawar ke dalam air dan gunakan air tersebut untuk menyembuhkan mata yang gatal dan memerah.

Tips Mengobati Sakit Mata Lainya

Beirkut ini beberapa cara untuk meminimalisir penyakit mata supaya tidak semakin parah:
  • Lindungi mata dari debu
  • jangan menyentuh atau mengucek mata berlebihan
  • kurangi atau bahkan hindari penggunaan make-up
  • Cucilah tangan dengan sabun sebelum anda menyentuh mata
  • Jika anda menggunakan lensa kontak, maka lepaskan dulu.
  
Sekian artikel kali ini mengenai "Cara Mengobati Sakit Mata Secara Tradisional" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts