Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

4 Makanan Yang Di Larang Saat Haid

Makanan Yang Di Larang Saat Haid - Salah satu keunikan wanita yang tidak dimiliki pria yaitu masa haid. Wanita akan mengalami masa haid saat mulai beranjak remaja saat proses pubertas. Normalnya masa haid yang dialami wanita yaitu setiap bulan dalam kurun waktu 5 hingga 8 hari. Namun ada juga yang tidak teratur karena hormon dan faktor lainnya. Banyak pantangan yang beredar di masyarakat saat wanita sedang dalam masa haid, salah satunya soal makanan. Konon makanan yang dikonsumsi saat sedang haid berpengaruh pada kelancaran dan kualitas haid seseorang. Ada beberapa gejala yang seringakali dirasakan wanita saat akan atau sedang dalam masa haid seperti nyeri pinggang, sakit perut, mood yang buruk, dan kaku di sekitar punggung.

4 Makanan Yang Di Larang Saat Haid

Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari saat mengalami datang bulan. Berikut, diantaranya:

1. Makanan Berminyak

Makanan dengan kandungan minyak yang banyak juga tidak disarankan karena meningkatkan lemak dan kolestrol dalam tubuh. Seperti halnya junk food, makanan yang digoreng dengan minyak berlebih juga bisa mengganggu kelancaran siklus haid yang Anda alami.

2. Kafein

Apabila Anda penggemar makanan dan minuman berkafein, sebaiknya berhenti dulu untuk mengonsumsinya saat sedang haid. Pada saat haid ada baiknya Anda mengurangi bahkan menghindari asupan kafein bagi tubuh Anda. Kafein dipercaya bisa menyebabkan gangguan sirkulasi darah yang memicu terjadinya abnormalitas pendarahan saat haid. Kafein lebih sering dijumpai pada minuman seperti minuman mengandung kopi, teh, dan minuman berenergi.

3. Es Krim

Bagi kebanyakan orang, terutama wanita pasti suka dengan es krim, karena rasanya yang lezat nan bergizi. Namun, tahukah anda jika es krim juga memiliki kandungan lemak di dalamnya yang sama tingginya dengan kandungan lemak dalam daging merah. Memakan makanan yang tinggi lemak dapat membuat kram semakin parah. Jika ingin mengkonsumsi es krim, sebaiknya pilih es krim yang non lemak.

4. Makanan yang digoreng

Makanan memiliki beberapa jenis dan berbeda kandungannya, akan tetapi semua makanan akan sama kadar lemaknya dan minyaknya jika sudah digoreng, Jika kamu mengonsumsi makanan yang digoreng maka kadar estrogen yang ada di dalam tubuh ini mengalami peningkatan. Sehingga saat haid itu sebaiknya kamu menghindari makanan yang digoreng seperti Onion ring, Kentang goreng, Ayam goreng, dan semua jenis makanan yang digoreng. Jika kamu sudah benar-benar menghindari, maka kondisi rahim anda akan lebih stabil dan dapat meminimalisir resiko kram dan nyeri. Akan tetapi, kamu masih boleh mengonsumsi makanan yang digoreng asalkan menggunakan minyak sayur.


Makanan Yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi:

  • Buah-buahan

Makanan yang paling baik dkonsumsi selama menstruasi adalah buah-buahan karena di dalamnya terdapat kandungan gula alami yang berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan gula tinggi selama menstruasi.

  • Jenis makanan kaya zat besi

Ketika menstruasi, tubuh akan kehilangan banyak zat besi sehingga dianjurkan agar banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti tahu, bayam, kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, kismis dan sereal.

  • Cokelat

dianjurkan untuk dikonsumsi selama menstruasi karena kandungan biji kakao di dalamnya mampu membantu mengurangi rasa nyeri yang menyerang. Selain itu, cokelat juga mempunyai kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengembalikan mood menjadi lebih baik.
Sekian artikel kali ini mengenai "4 Makanan Yang Di Larang Saat Haid" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts