Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Penyebab Alergi Kulit Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Alergi Kulit Pada Anak Yang Harus Diwaspadai

Pernahkan si kecil mengalami gejala alergi pada kulit? Rasa gatal dan kemerahan, bahkan bengkak pada kulit, sering kali sangat mengganggu aktivitas si kecil.

Alergi terjadi saat sistem imunitas tubuh bereaksi terhadap benda asing , yang mungkin bagi orang lain tidak berbahaya. Saat benda asing masuk, tubuh memproduksi antibodi agar benda asing tersebut tidak menyebabkan penyakit. Pada orang dengan alergi, antibodi diproduksi meski benda asing itu tidak berbahaya. Saat terjadi kontak dengan alergen (bahan yang menyebabkan alergi), tubuh akan bereaksi dengan membuat kulit meradang, juga menimbulkan gangguan sinus, pernafasan, atau pencernaan.


Penyebab Alergi Pada Kulit

Alergi pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa jenis alergen, dengan jenis gejala yang berbeda pula. Misalnya, eksim atopik, alergi makanan, alergi obat, dermatitis kontak alergik, dan alergi dingin. Berikut ini pembahasan jenis-jenis alergi tersebut.

1. Alergi Makanan

Alergi makanan merupakan reaksi sistem imun sesaat setelah si Kecil memakan makanan tertentu. Reaksi ini bisa berupa pembengkakan pada bibir, lidah, dan saluran napas, juga gangguan pencernaan seperti diare dan biduran. Alergi makanan sebenarnya jarang menimbulkan kelainan pada kulit, tetapi ada beberapa kasus alergi makanan yang reaksinya timbul pada kulit. Jenis makanan yang sering menimbulkan alergi adalah susu, telur, makanan laut, kacang tanah, kedelai, dan gandum.

Manifestasi alergi makanan pada kulit umumnya bervariasi, dari biduran dan/atau bengkak pada kulit, hingga ruam yang mirip campak. Alergi makanan juga bisa menjadi pencetus dermatitis atopik atau eksim atopik pada si Kecil. Dalam waktu 2 jam setelah mengonsumsi makanan tertentu, akan terjadi gatal dan kemerahan yang menyebabkan si Kecil menggaruk, yang menyebabkan kambuhnya eksim atopik.

2. Alergi dingin


Alergi dingin atau urtikaria dingin adalah reaksi alergi pada kulit, di mana kulit menjadi merah, bengkak, dan gatal apabila terpapar suhu yang dingin. Gejala alergi dingin adalah pembengkakan dan kemerahan sementara pada kulit apabila kulit terpapar suhu dingin, dan semakin membengkak saat kulit menghangat. Alergi dingin juga bisa berupa pembengkakan pada tangan saat memegang objek yang dingin, dan bengkak pada bibir dan kerongkongan saat mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin.

3. Alergi Obat

Reaksi alergi obat pada kulit merupakan hasil dari pelepasan histamin. Gejalanya bisa berupa biduran, kulit kemerahan, dan gatal. Gejala ini bisa juga disertai mata merah dan pembengkakan pada mulut dan tenggorokan. Jika alergi obat terjadi dalam bentuk berat, si Kecil bisa mengalami anafilaksis, di mana gejalanya adalah sesak napas, kulit kebiruan, pusing, pingsan, nadi cepat, mual, dan lain-lain.

Itulah sekilas tentang Jenis Alergi Kulit Pada Anak yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts