Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Inilah 5 Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Inilah 5 Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Mandul bisa menjadi salah satu kata yang paling menakutkan bagi beberapa pasangan, terutama bagi mereka yang sangat menginginkan kehamilan. Kemandulan sendiri dapat diartikan sebagai bentuk ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai kehamilan setelah melaksanakan hubungan seksual lebih dari setahun dan tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali. Dalam menangani kemandulan perlu dilakukan keseriusan dalam mengatasinya dan penyebab kemandulan itu bisa terjadi dari salah satu pihak (istri atau suami) atau bahkan dari keduanya.

Penyebab seorang istri belum hamil sangat penting untuk memudahkan pengobatan jika diperlukan dan peningkatan kesuburan jika masalahnya tidak begitu berat.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Kemandulan Pada Wanita

1. Jika siklus menstruasi nggak teratur, kamu perlu waspada. Bisa jadi ini pertanda kamu mandul
Siklus menstruasi adalah hal serius, namun beberapa cewek justru jarang memperhatikan masalah ini. Baiknya kamu selalu mengontrol jadwal datang tamu bulanan dengan memberi tanda pada kalender, agar kamu bisa mengetahui siklus menstruasimu, ya.

2. Perhatikan tanda-tanda kesuburan pada cewek, seperti peningkatan lendir serviks dan suhu tubuh saat ovulasi. Masa ovulasi pada tiap cewek berbeda-beda tergantung dari siklus menstruasinya. Umunya, hari ke-14 setelah masa menstruasi berakhir. Cewek subur memiliki tanda-tanda saat mengalami ovulasi setiap bulannya. Pada saat ovulasi, terjadi peningkatan lendir serviks atau keputihan, peningkatan suhu tubuh atau rasa nyeri atau sakit di perut.

Jadi, jika kamu nggak mengalami keputihan normal usai menstruasi, peningkatan suhu tubuh atau nggak nyeri saat menstruasi, periksakan kesehatan reproduksi ke dokter. Tapi perlu diketahui bahwa kurangnya tanda-tanda kesuburan ini nggak selalu menunjukkan bahwa cewek mengalami kemandulan.

3.Gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food, merokok, minum alkohol, juga akan mengganggu kerja hormon kewanitaan

Beberapa gaya hidup yang perlu dihindari untuk menjaga kesuburan organ reproduksi seperti konsumsi junk food, merokok, dan minuman beralkohol. Kebiasaan tersebut akan mengganggu kerja hormon kewanitaan yang mengakibatkan siklus menstruasi menjadi nggak teratur dan ukuran folikel sel telur menjadi lebih kecil.

4. Efek samping obat yang dikonsumsi juga bisa jadi penyebabnya, beberapa obat mempengaruhi sistem reproduksi

Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh, salah satunya adalah kesuburan. Beberapa obat seperti obat tekanan darah, suplemen vitamin yang berlebihan juga berisiko terhadap kehamilan. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat atau suplemen, pastikan efek sampingnya nggak menghambat beberapa hormon yang mengganggu kesuburan.

5. Penggunaan alat kontrasepsi atau menunda kehamilan yang menyebabkan pembentukan zat antibodi tertentu

Ketika seorang cewek menggunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan, maka tubuh secara otomatis akan mengatur ulang siklus haid dan siklus ovulasi untuk meningkatkan kembali kesuburan. Meski siklus menstruasi sudah kembali normal, proses ovulasi nggak otomatis menjadi lancar. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama agar fungsi ini menjadi normal kembali.

Meski tidak disebutkan bahwa penggunaan alat kontrasepsi dapat menyebabkan kemandulan, namun kondisi ini memperkuat alasan mengapa si cewek akan jadi susah hamil.

Jika setelah menikah 1 tahun dan belum juga mendapatkan momongan, jangan ragu atau menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini sangat bermanfaat karena dokter akan menentukan penyebab bunda belum juga hamil dan secara tepat mampu memberikan pengobatan yang diperlukan untuk meningkatkan kesuburan bunda dan pasangan sehingga kehamilan bisa di capai.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih sudah berkunjung !

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts