Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Degenerasi Makula: Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Degenerasi Makula : Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya

Degenerasi makula merupakan penyakit degeneratif atau penurunan fungsi akibat efek proses penuaan seseorang. Kali ini masalah muncul pada bagian makula dari mata, yaitu satu zona kecil di tengah retina yang memiliki komponen sel saraf terbanyak. Makula ini adalah lapisan jaringan yang terbentuk pada titik pusat retina tepat pada sisi belakang bola mata.

Makula menjadi salah satu bagian terpenting dari kemampuan melihat dari mata kita. Karena pada akhirnya seseorang memang akan sangat bergantung pada kemampuan mereka melihat lurus ke arah depan.

Mereka dengan masalah penyakit mata ini akan mengalami pandangan kabur ketika menatap ke arah depan. Pasien akan sulit untuk melihat dengan fokus meski lensa mata pada dasarnya normal.

Pada jangka pendek masalah penyakit mata ini bisa jadi tidak menunjukan efek terlalu besar. Tetapi dalam jangka panjang kerusakan akan semakin berkembang dan memungkinkan pasien mengalami kerusakan penglihatan permanen. Pasien akan sulit melihat ke arah depan dengan jelas bahkan mungkin kehilangan penglihatan depan dengan permanen.

Penyebab Degenerasi Makula

Penyakit mata ini sebenarnya belum sepenuhnya dipahami penyebabnya. Tetapi sejumlah pakar mata melihat adanya efek proses penurunan fungsi dari sel-sel pada makula akibat efek penuaan dan mulai berkurangnya daya degenerasi sel akibat efek usia.

Gangguan penglihatan mata juga diduga kuat berawal dari penumpukan residu dan kotoran dari mata pada permukaan depan retina yang memicu gangguan penglihatan. Kadang aspek residu dan kotoran ini juga yang memicu terbentuknya pola abnormal dari retina.

Pada umumnya keluhan muncul tanpa gejala berarti dan berkembang secara perlahan seiring pertambahan usia. Tetapi sejumlah pasien ditemukan mengeluhkan perkembangan degenerasi makula cepat yang dalam waktu singkat mengakibatkan gangguan kemampuan penglihatan permanen, termasuk kebutaan.

Faktor Resiko Kerusakan Makula

  1. Faktor genetik
  2. Usia
  3. Kegemukan 
  4. Merokok
  5. Paparan polusi tinggi
  6. Paparan sinar uvi A dan uvi B berlebihan

Tanda atau Gejala Degenerasi Makula

  1. Penglihatan tengah terlihat seperti bergelombang atau tidak rata
  2. Sulit fokus pada penglihatan depan seolah berbayang dan buram
  3. Objek yang dilihat terlihat mengecil atau kadang terlihat menjauh
  4. Seolah warna dari penglihatan memudar dan kehilangan intesitas serta kecerahannya
  5. Sulit untuk melihat dalam cahaya yang redup
  6. Ada semacam bayangan atau garis pada penglihatan yang terletak di tengah
  7. Muncul titik gelap seolah telah melihat cahaya terang tetapi tidak juga hilang
  8. Halusinasi seperti bayangan atau gelombang tertentu yang muncul dan hilang

Pencegahan Degenerasi Makula

1. Lindungi Mata

Hindari untuk menatap langsung pada sumber cahaya besar seperti lampu dan cahaya matahari. Coba kenakan kaca mata tabir surya berkualitas baik saat beraktivitas di luar ruangan. Batasi penggunaan layar biru seperti laptop dan ponsel untuk mengurangi efek radiasi pada mata.

2. Asupan Nutrisi Yang Baik

Makan dengan asupan nutrisi yang sehat, perhatikan dengan baik asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata. Dan utamakan pula untuk mengonsumsi antioksidan. Beberapa jenis nutrisi seperti vitamin C, A, E dan sejumlah mineral penting seperti zink, tembaga dan zat besi akan baik untuk penglihatan Anda.

Jangan lupa untuk menambahkan konsumsi makanan kaya anti oksidan zeaxanthine dan betakaroten yang baik untuk memperbaiki regenerasi sel-sel mata dan membantu menurunkan level drusen dalam jangka panjang.

3. Istirahat dan Olahraga Cukup

Tahukah Anda olahraga dan istirahat yang cukup akan sangat baik untuk memperbaiki sirkulasi darah. Dan ternyata masalah sirkulasi darah menuju mata dapat menjadi salah satu hal yang berkaitan erat dengan gangguan penglihatan ini.

Karenanya sebelum terlanjur terlambat, coba atur ulang waktu istirahat dan kebiasaan olahraga Anda setiap hari. Pastikan Anda tidak akan mengalami gangguan sirkulasi darah bahkan diusia manula Anda nanti.

  
Sekian artikel kali ini mengenai "Degenerasi Makula: Penyebab, Gejala dan Cara Pencegahannya" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts