Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Berikut 5 Tips Mencegah Dan Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Berikut 5 Tips Mencegah Dan Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Tips Mencegah Dan Mengatasi Ambeien Saat Hamil - Ambeien merupakan kondisi dimana pembuluh darah di area sekitar anus mengalami pembengkakan. Ukuranya bengkaknya bervariasi, mulai dari sebesar kacang polong sampai sebutir anggur. Ambeien sering disebut juga wasir, atau hemorrhoid dalam istilah medisnya ambeien saat hamil merupakan masalah yang umum dan sering terjadi pada ibu hamil, namun bukan berarti semua ibu hamil mengalaminya. Jika mom pernah mengalami ambeien sebelum hamil, maka risiko mengalami ambeien yang lebih parah saat hamil akan lebih besar.

1. Istirahat yang cukup

Selama hamil akan lebih cepat lelah dibandingkan ketika belum hamil. Jadi jangan memaksakan diri melakukan aktivitas yang terlalu berat. Perlu istirahat untuk mengembalikan energi dan meringankan sakitnya ambeien.

2. Berendam di air hangat

Berendam di air hangat saat mandi sangat membantu relaksasi otot dan peredaran darah, sehingga bagian yang mengalami ambeien akan terasa lebih nyaman. Siapkan bak dan isi dengan air hangat, jangan terlalu panas. Berendam air hangat bisa dilakukan selama 10-15 menit setiap hari. Lakukan 2-3 kali sehari.

3. Hindari duduk yang terlalu lama

Jangan duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di sekitar rektum dan anus yang akhirnya memperburuk ambeien. Ingatlah untuk bergerak sesering mungkin dan sering mengganti posisi tubuh. Berbaring, berdiri, dan berjalan merupakan alternatif lain selain duduk yang dapat Mom lakukan. Jika Mom pekerja kantoran dan sering duduk, pakailah bantal donat untuk mengurangi rasa sakit pada ambeien.

4. Konsumsi makanan berserat, bersifat prebiotik dan minum air putih sebanyak mungkin untuk menghindari sembelit

Seringlah mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur dan minum air putih sebanyak mungkin agar pencernaan sehat dan feses menjadi lunak sehingga mudah dikeluarkan. Mom pun akan lancar BAB dan terhindar dari sembelit yang akan memperberat kondisi ambeien saat hamil. Feses yang kering biasanya sulit dikeluarkan dan menyebabkan ambeien. Bila perlu, tambahkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kefir, kimchi, dan sebagainya serta suplemen serat.

5. Hindari mengejan saat buang air besar

Saat sembelit, feses akan mengeras dan Mom jadi perlu mengejan saat BAB. Mengejan akan menambahkan tekanan pada pembuluh darah, membuatnya semakin membengkak dan memerah atau iritasi. Untuk itulah Mom perlu menerapkan gaya hidup sehat mengonsumsi makanan berserat dan minum air yang banyak agar terhindar dari sembelit.

Itulah sekilas tentang Tips Mencegah Dan Mengatasi Ambeien Saat Hamil, yang bisa kami lakukan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts