Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

Begini Cara Penularan Penyakit TBC dan Pencegahannya

Begini Cara Penularan Penyakit TBC dan Pencegahannya

TBC/Tuberculosis merupakan suatu penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dari kelompok mycobacterium, yaitu myctobacterium tuberculosis. Jadi penyakit TB ini umumnya menyerang paru-paru, tetapi dia bisa juga menyerang organ tubuh yang lain di luar paru-paru seperti selaput otak, usus, tulang, kelenjar getah bening di leher dan ketiak. Dan terjadinya penularan di luar paru-paru itu karena adanya penyebaran melalui aliran darah atau getah bening.

Gejala TBC

Gejala utamanya adalah batuk terus menerus selama dua minggu atau lebih. Dan gejala lain adalah batuk dengan dahak bercampur darah, atau batuk darah. Dia merasa sesak napas, nyeri dada, badan lemah dan napsu makan turun umumnya.

Cara Penularan Penyakit TBC

Orang yang sedang sakit TB itu akan menularkan kepada orang lain melalui percikan dahaknya. Jadi saat batuk akan memercik dahaknya, itu akan bisa menularkan kuman TB tersebut. Juga pada saat bersin. Penularan terjadi bila percik dahak ini berada dalam waktu yang lama dalam suatu ruangan yang gelap dan lembap, kemudian terhirup oleh orang lain. Sehingga penularan terhadap orang tersebut dari pasien ditentukan dari banyaknya kuman yang keluar dari sumber penularan ini.

Pencegahan TbC

Karena kita tahu bahwa penularan itu melalui percikan dahak dan bersin, tentu penderita itu sebaiknya menggunakan masker. Ini bagi siapa pun saja bukan cuma penderita TB paru-paru, tapi juga penderita dengan keluhan-keluhan batuk itu diwajibkan menggunakan masker, supaya tidak menjadi sumber penularan bagi orang lain. Dan jangan lupa ketika batuk, jadi bila kita batuk maka tutup mulut kita dengan tangan atau dengan lengan, Setelah itu tangan kita cuci bersih dengan sabun.

Kemudian jangan lupa juga ventilasi yang baik, itu sangat penting untuk mengurangi percikan dari dahak atau bersin tadi karena kuman akan terbang terbawa oleh udara dan bila terkena sinar matahari langsung itu dapat membunuh kuman TB yang ada.

Sekian artikel kali ini mengenai "Begini Cara Penularan Penyakit TBC dan Pencegahannya" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts