Featured :

[getBreaking results="4" label="Aplikasi"]

6 Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

6 Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Khasiat Dan Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit - Tentunya semua orang sudah mengenal daun sirih merah dong yah? Sirih merah merupakan tanaman yang berasal dari sulawesi, indonesia. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat dan memiliki segudang manfaat sirih merah sebagai obat ramuan herbal. Daun sirih merah ini memiliki warna kemerahan dengan corak yang indah pada daunya. Nama lainya adalah piper crotatum.

Cara pengolahan daun sirih merah ini adalah dengan direbus. Air rebusanya dapat digunakan untuk pengobatan herbal dan ada juga daun sirih merah yang dibakar sedikit saja bagianya untuk ditempelkan pada daerah yang sakit.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat daun sirih merah untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya:


1. Penyakit jantung

Jika anda mengalami jantung koroner, maka daun sirih merah bisa dijadikan alternatif untuk mengobatinya. Caranya sediakan 3 lembar daun sirih, 7 pasang biki kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok makan jintan putih. Semua bahan tersebut ditumpuk sampai halus, ditambah 5 sendok air panas, dibiarkan beberapa menit, kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diminum 2 kali 1 hari dan dilakukan secara teratur.

2. Mengobati batuk

Manfaat pertama daun sirih merah adalah dapat mengobati batuk. Caranya sediakan 4 lembar daun sirih, 3 lembar daun bidara upas dan madu secukupnya. Daun sirih diiris-iris, kemudian direbus bersama daun bidara upas dalam 2 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, tambah madu secukupnya, kemudian ramuan tersebut dibuat untuk berkumur. Usahakan untuk menjangkau daerah kerongkongan.

3. Penyakit diabetes mellitus

Diabetes melitus atau dikenal dengan kencing manis adalah kondisi tubuh yang tidak dapat memanfaatkan insulin, sehingga hormon insulin berkurang pada tubuh. Cara pengolahan sirih merah bagi penyakit diabetes melitus adalah dengan menyediakan 3 lembar daun sirih merah. Kemudian cuci sampai bersih dan masukkan kedalam wadah. Masukkan tiga gelas air putih lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu saring, air rebusan dapat diminum sabanyak 3 kali sehari sebelum makan secara teratur.

4. Mengobati sakit gigi

Cara pengolahan daun sirih merah untuk sakit gigi adalah sediakan 3 lembar daun sirih merah lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah hasil rebusan tinggal satu gelas maka saring air rebusan tersebut, tunggu sampai dingin kemudian kumur – kumur dengan air rebusan tersebut. Lakukan sampai rasa sakit gigi perlahan menghilang.

5. Mengobati penyakit prostat


Cara untuk mengobati penyakit prostat adalah sediakan lima lembar daun sirih merah untuk direbus dengan dua gelas manfaat air putihyang memiliki banyak kegunaan. Kemudian setelah tinggal satu gelas air putih saring airnya untuk diminum. Minum sebanyak dua kali sehari secara teratur.

6. Mengurangi produksi air susu ibu


Bagi ibu yang baru melahirkan ada dua kemungkinan. Kemungkinan yang pertama adalah produksi air susu ibu yang sedikit. Dan yang kedua produksi air susu ibu yang berlebih. Banyak sekali manfaat asi ekslusif bagi ibu dan anak. Jika produksi asi yang berlebih dan memang rasanya sudah melebihi kebutuhan maka dapat dikurangi agar tidak mubazir dengan cara sebagai berikut :

Sediakan satu lembar daun sirih merah, daun sirih merah diolesi minyak kelapa. Daun sirih merah dibakar sedikit saja bagiannya. Kemudian ditempel pada daerah sekitar payudara.
  
Sekian artikel kali ini mengenai "6 Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit" Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa di Like & Share, dan kunjungi terus ROLIYAN.COM untuk mendapatkan berbagai macam topik dan informasi menarik lainnya !!!

0/Post a Comment/Comments

Postingan Terbaru

Recent Posts